SELAMAT DATANG DI KIOS INFORMASI

Sabtu, 31 Maret 2012

Bahaya Pemakaian Cooling Pad




Laptop dibuat untuk tempat bekerja sedikit elite, ber-AC, bebas debu, jauh dari kesan panas dan pengap.Sebuah laptop telah dirancang dengan sistem sirkulasi udara. Fungsinya mengalirkan panas keluar dari mesin. Sebagaimana alat elektronik lain, laptop sangat benci situasi panas.

Lalu, apa bahaya dari sebuah cooling pad???

Jika kalian berniat membelinya, pastikan bahwa udara yang disemburkan bukan mengarah ke atas, bukan meniup laptop. Mengapa? Karena laptop secara alami membuang udara panas keluar, biasanya kebawah atau kebelakang. Kalian akan merasakan semburan udara panas di tempat-tempat itu. Pendingin yang baik akan menarik udara panas dari laptop dan bukan meniupnya dengan angin, meskipun akan menjadi dingin.

Pada kasus  laptop lain, kipas pendingin ternyata mengganggu aliran normal dari panas laptop, menyemburkan angin keatas, sehingga debu banyak menempel di papan sirkuit. Akibatnya VGA kepanasan, rusak, dan harus diganti.

Bagaimana mencegahnya?
Selalu pastikan aliran panas laptop. Jangan meletakkannya diatas tempat yang empuk seperti karpet atau kasur, karena tempat yang empuk akan menghambat sirkulasi. 

Bisa juga diatasi dengan cara mengganjal bagian belakang laptop, agar panas bebas mengalir keluar. Atau bisa juga membeli pendingin yang baik (biasanya agak menguras kantong) tapi setara dengan kualitas yang diberikan :D


Link sumber : (http://sourceflame.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar